Minggu, 05 Agustus 2018

Jasa Kontraktor WaterPark WaterBoom


Pembangunan fasilitas atau obyek rekreasi seperti waterpark atau waterboom memang terbilang berbeda dengan jasa pembangunan fasilitas atau obyek lainnya. Terutama sekali bagi kontraktor atau pelaksana konstruksinya yang memerlukan produk-produk dengan material obyek dari fiberglass yang akan dipergunakan di sebuah waterpark, seperti seluncuran atau perosotan (slide) yang memiliki berbagai model dan ukuran juga fitur atau ornamen pendukung lainnya, dan tentunya penggunaan besi-besi untuk membuat kerangka wahananya.

Memiliki atau menjalankan suatu bisnis rekreasi, dalam hal ini waterpark, memang menguntungkan, tetapi untuk membuka sebuah rekreasi waterpark harus dilakukan melalui kalkulasi yang matang soal estimasi biaya, lokasi yang strategis atau tidaknya, dan juga harus mempertimbangkan luas area yang akan dipergunakan, dimana luas area yang digunakan akan menentukan bagaimana atau apa saja model dan tematik wahana yang akan diterapkan nantinya. Faktor-faktor inilah yang diformulasikan dalam sebuah Studi Kelayakan Bisnis (Feasibility Study).

Feasibility Study inilah yang tidak semua pihak maupun individu memiliki kapasitas atau kemampuan dalam memformulasikannya - studi yang tidak dilakukan dengan sembarang ataupun sekedar mengarang. Dimana harus memiliki pengetahuan dasar dan pengalaman yang tidak sedikit. Dan feasibility study ini juga tidak hanya mencakup lingkup teknis pembangunan tetapi juga mencakup lingkup teknis pengembangan, dimana teknis pengembangan tersebut akan memuat juga gambaran strategi terkait pemasaran dan operasional nantinya setelah waterpark beroperasi. Hal tersebut tentunya sangat berguna dalam membantu pemilik dari sebuah waterpark sehingga investasinya dalam membuka sebuah waterpark tidak menjadi kesalahan fatal, dan investasinya tersebut akan terarah dan terkelola dengan baik yang berujung kepada bisnis yang benar-benar profitable untuk dijalankan - bukan sebaliknya.

Oleh karenanya, dalam hal ini, jika Anda adalah seorang investor yang ingin berinvestasi dalam bisnis rekreasi satu ini dan sudah memiliki target lokasi, yaitu waterpark / waterboom (apakah beda waterpark dengan waterboom? silakan membaca artikel kami yang menjelaskan kedua kata tersebut: klik disini), tetapi Anda belum mengetahui atau awam dalam membangun waterpark; dimana juga yang menentukan perencanaan dan pengembangannya yang mencakup tematik waterpark, fitur-fasilitas wahana apa saja nanti yang akan digunakan (bahkan jika menginginkan desain-desain yang khusus / custom) dan lain sebagainya terkait pembangunan sebuah rekreasi waterpark, tentu saja tidak bisa Anda lakukan sendiri, lebih baik dan amannya menggandeng sebuah perusahaan jasa (kontraktor) waterpark yang juga sudah berpengalaman baik pra, paska pembangunan hingga pengelolaannya.

Mengapa dibahas hingga kepada aspek pengelolaan waterpark perlu juga dimiliki kompetensinya oleh sebuah perusahaan jasa pembangunan (kontraktor) waterpark? Karena tentunya sangat berpengaruh dari awal dibangun terhadap pengelolaan setelahnya. Mulai dari apa-apa saja yang akan dibangun atau diadakan, tematik, dan lainnya yang juga tak ketinggalan soal kualitas; periode ketahanan fitur-fasilitasnya yang menentukan seberapa sering atau frekuensi maintenance & repair (perawatan & perbaikan) yang nantinya diperlukan sehingga hal ini mempengaruhi gambaran terhadap ROI (Return on Investment) dan budgeting lainnya termasuk periode jadwal operasional nantinya yang terpengaruh juga olehnya.

Sesuai pengalaman kami, banyak kontraktor yang (mengklaim berkompeten dalam bidang ini) menggarap proyek pembangunan waterpark tetapi hasilnya asal dan tidak berkualitas, sementara investor / owner awam - parahnya bahkan setelah selesai dibangun pun, waterpark tersebut masih belum bisa dioperasikan!!! Masih banyak yang masih harus dibenahi (seharusnya hal ini dari awal dibangun tidak terjadi jika dikerjakan oleh kontraktor yang memang kompeten). Mulai dari faktor safety bagi pengunjung nantinya yang tidak diperhatikan seperti pada hasil instalasi atraksi yang berbahan dasar fiberglass, konstruksi sipil, instalasi mekanikal elektrikal yang juga jauh dari kualitas dan perhatiannya terhadap faktor safety, tata kelola air kolam atraksinya, hingga termasuk perencanaan di awal yang berpengaruh terhadap estetika dan berakibat juga waterpark yang dibangun tidak memiliki tema khusus atau kesulitan dalam penentuan tematik waterparknya. Sementara tematik sebuah waterpark sangat diperlukan juga sebagai aspek yang berpengaruh terutama dalam aspek marketing nantinya. Bukankah hidup-matinya sebuah bisnis tidak hanya dipengaruhi oleh pelayanan operasionalnya, tetapi juga marketingnya..?

(1) Waterpark sekedar dibangun dan ditinggalkan oleh kontraktor lainnya, sempat terbengkalai -bahkan belum bisa dioperasikan selama lebih dari dua tahun..!!!
(2)  "Veni Vidi Vici !"... Kami Datang, Kami Lihat, Sukses..! Waterpark pun hidup dan beroperasi dengan semestinya disertai SDM yang juga telah kami beri pendampingan & training hingga mampu mengoperasikan seluruh sistem dalam sebuah waterpark.

At last but not least... jika Anda seorang investor / owner yang memang ingin membangun dan menjalankan sebuah bisnis rekreasi waterpark tetapi Anda masih awam dalam hal ini, cermatlah dan berhati-hati dalam menggandeng perusahaan jasa (kontraktor) waterpark. Silakan mencari-cari di internet atau melalui koneksi-relasi bisnis Anda, atau lebih cepat dan tepat dengan menghubungi kami sebagai kontraktor waterpark berpengalaman; tidak hanya dalam membangun tetapi juga mengelolanya. Kami juga dapat membantu dalam hal konsultansi bisnis waterpark ini, bagi Anda atau siapapun yang sudah memiliki waterpark namun masih memiliki hambatan atau kesulitan dalam laju operasionalnya yang mengakibatkan proses dan hasilnya masih tidak sesuai ekspektasi. Selain membangun waterpark dan konsultansi dalam bisnis waterpark ini, kami juga dapat membantu dalam merenovasi atau assessment ulang atau perbaikan-perawatan fitur-fasilitas dalam waterpark existing (yang sudah ada).


Untuk info lebih lanjut silakan menghubungi:
PT. KRIYA INDO MAKMUR
Alamat:
Green Mustika Residence Kav. A1
Jalan Cipete Raya – Karya Bakti 004/010 Rawasapi
Kel. Jatimulya Kec. Tambun Selatan
Kab. Bekasi - 17510

Tel: (021) 82610764
Email: info@kriyaindomakmur.com
Web: kriyaindomakmur.com

Contact Person:
Mr. Depi : 0813-1061-7435
Mr. Hadi : 0811-3582-128