Kamis, 02 Agustus 2018

Penyebab Perubahan Warna Air Kolam Renang

kolam-renang-project
Apakah Anda memiliki sebuah (atau bahkan lebih) fasilitas kolam renang? Baik itu dalam rumah, perumahan ataupun lokasi destinasi rekreasi, tentunya sangat menginginkan kondisi air kolamnya yang terawat, bersih dan jernih. Dengan demikian bagi siapapun termasuk Anda sendiri dapat melakukan kegiatan berenang ataupun sekedar bersantai pada kasur pelampung (inflatable bed) di atas air kolamnya tanpa merasa khawatir adanya ancaman penyakit yang bisa saja disebabkan oleh organisme merugikan yang terdapat pada air kolam. Dimana banyak juga orang-orang yang mengeluhkan karena air kolam renang mereka cepat sekali berubah warnanya menjadi kehijauan. Bagaimana penanggulangannya - sementara melakukan perawatan untuk air kolam sendiri tidaklah mudah?

Beberapa Faktor Penyebab Air Kolam Renang Berwarna Hijau

ganggang kolam renang
Tingginya tingkat Alga yang ada di dalam air kolam adalah faktor penyebab utama (disamping faktor-faktor lainnya) berubahnya air kolam menjadi kehijauan. Apa itu alga? Sekelompok organisme autotrof yang tidak memiliki organ dengan perbedaan fungsinya yang nyata, bahkan ia bisa dianggap tidak memiliki organ seperti yang dimiliki oleh tumbuhan. Alga yang memiliki zat klorofil itulah yang menyebabkan warna air kolam menjadi kehijauan.

Disamping Alga, terdapat faktor-faktor penyebab lainnya seperti:
  1. Ketidak-stabilan Tingkat pH Air: merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kondisi air dan akan berpengaruh juga terhadap warna air kolam. Apabila pH air kolam tidak seimbang, maka organisme-organisme kecil seperti bakteri, kuman, lumut (ganggang/alga) akan mudah berkembang biak dalam air. *Pengertian pH sendiri yaitu derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh suatu larutan*
  2. Gagalnya Sistem Penyaringan: merupakan faktor penyebab kedua. Kegagalan sistem penyaringan air kolam ini umumnya disebabkan karena tidak mampunya sistem yang diadakan untuk menyaring debit air kolam. Sehingga saringan yang ada tidak mampu untuk menyaring debit air kolamnya. Maka sebaiknya jumlah dan kapasitas penyaring (filter) disesuaikan lagi dengan debit air kolam. Juga sistem perpipaan (plumbing/piping) juga sangat berpengaruh pada hijaunya warna air kolam. Perpipaan yang buruk tentu akan menyebabkan kinerja filter kurang maksimal sehingga air tidak tersaring dengan baik.
  3. Tidak Tepatnya Sasaran Pemberian Chemical: pemberian chemical yang tidak tepat juga merupakan salah satu faktor penyebab air kolam renang menjadi kehijauan. Oleh karenanya pemberian chemical yang tepat sasaran untuk air kolam renang juga harus sangat diperhatikan. Pemberian chemical menjadi faktor penentu utama juga termasuk perubahan pH. Oleh karenanya sangat diperlukan untuk melakukan pengecekan pH sebelum dilakukan penambahan chemical air kolam renang. Sehingga chemical yang diberikan sesuai dengan kondisi pH air kolam renang. *Chemical secara awam biasa disebut dengan "Obat Kolam"*
  4. Kebersihan Daerah Sekitar Kolam Renang: air kolam renang yang kehijauan juga dapat disebabkan oleh faktor kebersihan daerah sekitar kolam renang. Oleh karenanya menjadi hal yang mandatori dalam menjaga kebersihan daerah sekitar kolam renang. Penggunaan filter hanya diperuntukkan dalam membersihkan air kolam, akan tetapi kotoran atau benda lainnya dari luar, semisal dedaunan juga dapat masuk dan mengotori kolam. Pelu juga diperhatikan soal tempat pembuangan sampah atau limbah, yang tata letaknya juga harus diperhatikan dengan baik agar sampah atau limbah tersebut tidak terbawa angin yang bisa membawa masuk ke kolam renang.
    perawatan kolam, pool maintenance
  5. Faktor Cuaca: Kondisi cuaca ternyata juga dapat menjadi faktor pengaruh warna air kolam renang. Saat turunnya hujan maka air hujan tersebut akan masuk 'ikut mengisi' air kolam renang yang menyebabkan air kolam yang sudah mengandung chemical tercampur hingga terbuang. Faktor ini lah yang ikut menyebabkan pH air kolam berubah. Disamping itu juga air hujan yang turun bercampur dengan air kolam banyak mengandung kotoran sehingga dapat membuat air kolam menjadi tidak bersih lagi. Ataupun ketika cuaca berangin, angin yang kencang dapat membuat kotoran di sekitar seperti dedaunan dan lainnya memasuki kolam renang. Dedaunan atau benda lainnya yang tergolong sampah atau benda organik lainnya akan dapat cepat membusuk sehingga membuat air menjadi kotor. 
  6. Faktor Mahluk Hidup Lainnya Mempengaruhi Air Kolam Renang: Mahluk hidup yang lainnya dapat mempengaruhi air kolam renang contohnya seperti phytoplankton (phytoplankton adalah organisme yang berukuran sangat kecil dan termasuk keluarga ganggang hijau). Ganggang sendiri memiliki bermacam-macam spesies, namun secara garis-besarnya ganggang dapat bisa dibedakan menjadi dua kategori. Kategori Pertama yaitu ganggang yang berserat; dimana ganggang inilah yang dapat membuat dinding dan lantai kolam berwarna hijau karena jumlahnya yang terakumulasi akan menjadi lumut yang menempel. Dan Kategori Kedua yaitu ganggang yang bersel satu. Ganggang yang bersel satu inilah yang menyebar dalam air kolam tetapi tidak menempel pada dinding dan lantai kolam, juga tidak menyebabkan lantai dan dinding kolam berwarna hijau. Namun justru ganggang inilah menyebabkan air berubah warna menjadi hijau. Dan jika kedua ganggang ini berada di dalam kolam renang maka kondisi kolam renang menjadi sangat buruk, dimana dinding dan lantai kolam berwarna hijau, dan air kolam renangnya pun menjadi berwarna hijau.
Itulah faktor-faktor penyebab yang dapat menimbulkan kolam renang berubah warna (dalam hal ini menjadi kehijauan), dan dapat disimpulkan bahwa perawatan yang cermat sangatlah diperlukan untuk pencegahan akan berubah warnanya air kolam renang kita.

Dari ulasan faktor-faktor penyebab tersebut, maka bagi siapapun yang memiliki kolam (dalam hal ini dikhusukan kolam renang), adalah hal terbaik jika dapat memperhatikan perawatan kolam dengan cermat. Telitilah dalam hal pembersihan dan pemberian chemical kolam renangnya. Disamping itu, pemeriksaan sistem secara berkala juga dapat memperlambat proses berubahnya air kolam menjadi hijau. Jika Anda sebagai salah satu pemilik kolam renang (terutama yang komersil) namun tidak memiliki waktu khusus untuk melakukan perawatan kolam renang sendiri, maka kami PT Kriya Indo Makmur, dapat membantu Anda dalam hal tersebut. Kami juga menyediakan Jasa Perawatan Kolam Renang, sebagaimana pengalaman kami puluhan tahun dalam berurusan dengan perawatan - pembuatan kolam dan sistemnya (pool/water engineering & construction) seperti kolam renang dan bahkan juga waterpark, sprinkler, air mancur, dan juga water feature lainnya.


Untuk info lebih lanjut silakan menghubungi:
PT. KRIYA INDO MAKMUR
Alamat:
Green Mustika Residence Kav. A1
Jalan Cipete Raya – Karya Bakti 004/010 Rawasapi
Kel. Jatimulya Kec. Tambun Selatan
Kab. Bekasi - 17510

Tel: (021) 82610764
Email: info@kriyaindomakmur.com
Web: kriyaindomakmur.com

Contact Person:
Mr. Depi : 0813-1061-7435
Mr. Hadi : 0811-3582-128